Cara Melacak Paket J&T

Siapa yang belum tahu bagaimana cara melacak paket J&T? Nah pada kesempatan ini mari kita bahas mengenai cara melacak dan pengertian nomor resi. Simak penjelasan dalam artikel berikut ini.

Siapa sih yang tidak tahu ekspedisi J&T? Pasti orang yang sering belanja online tahu, karena ekspedisi ini sering digunakan dan terkenal memiliki pelayanan yang cepat.

Banyak platform e-commerce menggunakan jasa J&T untuk pengiriman barang mereka. Ketika barang dikirimkan, pihak J&T akan menerbitkan nomor resi yang bisa dicek oleh penerima maupun pengirim.

cara melacak paket J&T 2

Nah yang belum tahu cara mengeceknya, Metodegames telah merangkum beberapa cara mudah melacak paket J&T menggunakan nomor resi. Simak ulasan dibawah ini sampai selesai.

Apa itu Nomor Resi?

Sebelum ke cara melacak paket J&T, ada baiknya kamu memahami dulu pengertian nomor resi. Karena ini penting, dan banyak orang yang tidak paham mengenai nomor resi.

Nomor resi adalah sebuah nomor unik yang diberikan jasa ekspedisi sebagai identitas dari paket barang yang dipesan.
Nomor resi ini akan digunakan sebagai bentuk pertanggungjawaban dan bukti bahwa paket telah dikirim.

Kamu dapat melakukan pengecekan nomor resi secara berkala untuk melacak keberadaan paket yang dipesan. Untuk nomor resi dari J&T berjumlah 12 karakter, dengan berbagai variasi ada yang 12 digit angka dan ada juga angka dan huruf yang digabung berupa 2 huruf dan 10 angka.

Baca Juga:  Cara Mudah Menambahkan Metode Pembayaran Telkomsel di Play Store

Saat mengecek nomor resi J&T, kamu akan mendapat informasi yang cukup lengkap. Kamu akan mendapat informasi mengenai lokasi paket, waktu pengiriman paket, hingga nama kurir yang bertugas untuk mengirimkan paket.

Hal itu membuat pengirim dan penerima tidak perlu lagi khawatir dimana posisi paket setelah dikirim. Lalu bagaimana cara melacak paket J&T? Berikut adalah caranya.

Cara Melacak Paket J&T

Sebelum melacak paket menggunakan nomor resi, kamu harus memastikan nomor resi sebelum kamu masukkan sudah benar. Berikut adalah langkah-langkah melacak paket J&T.

1. Melacak di Situs Resmi J&T Express

Cara pertama merupakan cara paling mudah yang bisa kamu gunakan untuk melacak paket J&T, yaitu dengan mangakses situs resmi J&T Express. Berikut adalah caranya:

  1. Buka jet.co.id/track.
  2. Untuk cek resi J&T, masukkan nomor resi.
  3. Klik “Cari”.
  4. Pada layar akan muncul proses dan detail pengiriman.

2. Melacak di Aplikasi J&T Express Indonesia

Selain melalui situs resmi, J&T juga menyediakan aplikasi yang dapat digunakan untuk melacak paket. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama, Unduh aplikasi J&T Express di PlayStore atau AppStore.
  2. Masuk ke aplikasi J&T Express.
  3. Untuk melacak paket, pilih menu “Tracking”.
  4. Pada kolom resi, masukkan nomor resi J&T.
  5. Klik tombol “Cari”.
  6. Informasi seputar paket dengan nomor resi tersebut akan muncul di layar.

3. Melacak di Google

Apakamu susah tahu? Google sekarang juga menyediakan fitur untuk melacak paket J&T. Berikut adalah cara melacak paket menggunakan Google:

  1. Pertama silahkan buka google di browser.
  2. Untuk cek resi, ketik “Lacak Paket J&T” pada kolom pencarian.
  3. Google akan menampilkan fitur “Lacak paket Anda” dengan data resmi dari J&T Express.
  4. Masukkan nomor resi pada kolom “Masukkan nomor pelacakan”.
  5. Klik “Lacak Paket”.
  6. Pada layar akan muncul proses pengiriman dan lokasi paket.
Baca Juga:  Cara Membersihkan Cache di Laptop dengan Mudah dan Cepat

4. Melacak di Aplikasi E-commerce

Setiap e-commerce akan memberikan fitur melacak paket dalam aplikasi, fitur ini dapat kamu gunakan untuk melihat pergerakan paket secara berkala.

cara melacak paket J&T 3

Namun jika kamu mengalami masalah ketika melakukan pelacakan, kamu dapat menghubungi J&T melalui cara berikut.

  • Telepon: 021-8066-1888.
  • Email: [email protected]
  • Whatsapp: 0811-8466-188
  • Facebook: J&T Express Indonesia
  • Twitter: @jntexpressid

Istilah dalam Pengiriman Paket J&T

Kamu pasti pernah membaca istilah Drop Point dan Transit Center ketika melacak paket J&T. Apa sebenarnya arti istilah tersebut? Berikut adalah penjelasannya.

1. Istilah Drop Point

Drop Point yang berarti kantor cabang J&T terdekat atau agen pengiriman J&T. Setiap pengirim dapat mengirim paket melalui Drop Point, disana pengirim akan dilayani petugas yang akan menimbang paket sebelum dikirim.

Sebelum mengirim paket, ada baiknya kamu mengecek biaya ongkos kirimnya. Supaya mengetahui ongkos kirim, kamu dapat mengeceknya melalui situs resminya J&T.

Khusus untuk pengiriman berskala besar, pihak J&T memberikan fasilitas jemput paket atau pick up. Nantinya kurir akan datang ke lokasi dan menjemput paket sesuai alamat penjual yang kemudian diantar ke Drop Point.

2. Istilah Transit Center

Istilah Transit Center memiliki arti tempat persinggahan paket yang dikumpulkan dari seluruh Drop Point dalam satu daerah. Bahasa sederhananya, Transit Center memiliki fungsi sebagai pusat penyimpanan barang sementara untuk kemudian dikirim ke kota selanjutnya.

Nah itulah penjelasan mengenai cara melacak paket J&T., semoga bisa membantu kamu dalam melacak paket. Terima kasih dan Selamat Mencoba.