Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

Bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi? Apabila kamu ingin menyembunyikan aplikasi pada HP Xiaomi milikmu, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Xiaomi merupakan brand HP yang memiliki fitur keamanan cukup baik. Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya adalah fitur untuk menyembunyikan aplikasi.

Dalam hal ini, Xiaomi berusaha untuk menjaga data privasi sesorang dengan menyembunyikan aplikasi tertentu yang hanya bisa diakses oleh penggunanya saja.

cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi 2

Jika kamu ingin memanfaatkan fitur ini namun tidak tahu caranya, kali ini Metodegames akan membantu kamu bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi dengan mudah.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi. Selain itu setiap cara berbeda tergantung dengan versi MIUI yang digunakan.

Nah jika kamu menggunakan versi MIUI yang lebih lawas jangan khawatir, silahkan simak cara berikut ini untuk mengetahui caranya.

1. Versi MIUI 12.5 ke atas

MIUI, sebagai sistem operasi yang dikembangkan secara mandiri oleh Xiaomi, terus berkembang seiring dengan peluncuran perangkat-perangkat terbaru.

Bagi pengguna MIUI versi 12.5 ke atas, berikut adalah langkah-langkah cepat untuk menyembunyikan aplikasi pada perangkat Xiaomi kamu:

  1. Buka kunci layar pada perangkat kamu.
  2. Masuk ke aplikasi Security dan pilih ikon berbentuk kotak dan alat.
  3. Klik opsi “Hidden Apps” atau “Aplikasi Tersembunyi”.
  4. Aktifkan tombol pada aplikasi yang ingin kamu sembunyikan.
  5. Aplikasi yang dipilih akan secara otomatis tersimpan dan dapat diakses melalui menu “Hidden Apps” pada perangkat kamu.
Baca Juga:  Photocall TV Apk Online Gratis Indonesia dan Siaran Luar Negeri

2. Versi MIUI 11 dan 12

Untuk pengguna MIUI yang belum memperbarui perangkat mereka dan masih menggunakan versi 11 dan 12, tidak perlu khawatir karena masih ada cara yang mudah untuk menyembunyikan aplikasi di perangkat Xiaomi kamu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka kunci layar pada perangkat kamu.
  2. Masuk ke pengaturan dengan memilih “Settings”.
  3. Pilih opsi “Apps” dan kemudian pilih “Apps Lock”.
  4. Buat pengaturan untuk menyembunyikan aplikasi yang kamu pilih. Ini dapat dilakukan dengan menambahkan akun Mi dan mengaktifkan sensor sidik jari untuk keamanan tambahan.
  5. Setelah pengaturan diatur, klik opsi “Hidden Apps” atau “Aplikasi Tersembunyi”.
  6. Selanjutnya, pilih ikon aplikasi yang ingin kamu sembunyikan dari tampilan utama.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan fitur bawaan MIUI, ada berbagai aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk menyembunyikan aplikasi di perangkat Xiaomi. Contoh beberapa aplikasi tersebut antara lain Nova Launcher, Apex Launcher, dan Smart Launcher.

Setelah diunduh dan diinstal, pengguna dapat mengatur pengaturan pada aplikasi tersebut untuk menyembunyikan aplikasi tertentu dari layar utama perangkat mereka.

4. Membuat Folder Tersembunyi

Salah satu cara lain untuk menyembunyikan aplikasi adalah dengan membuat folder tersembunyi. Caranya cukup sederhana, yakni dengan menarik aplikasi yang ingin disembunyikan ke dalam aplikasi lain.

Sebagai contoh, jika kamu ingin menyembunyikan aplikasi Instagram, cukup tarik aplikasi Instagram ke dalam aplikasi galeri atau file manager.

Setelah melakukan langkah tersebut, secara otomatis akan muncul folder baru yang dapat kamu beri nama dan tempatkan di lokasi yang diinginkan pada layar utama perangkat. Aplikasi yang telah disembunyikan dapat diakses melalui folder tersebut.

5. Menggunakan Mode Tamu

Cara terakhir untuk menyembunyikan aplikasi di perangkat Xiaomi adalah dengan memanfaatkan fitur mode tamu. Mode ini berguna untuk membatasi akses orang lain pada perangkat Xiaomi kamu.

Baca Juga:  Cara Bagi Pulsa Sesama XL dengan Mudah

cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi 3

Prosesnya cukup sederhana, dimulai dengan masuk ke aplikasi “Settings” atau “Pengaturan,” lalu pilih opsi “Dual Apps” atau “Aplikasi Ganda.”

Selanjutnya, pilih aplikasi yang ingin disembunyikan dan aktifkan opsi “Use Dual Apps.” Aplikasi yang telah disembunyikan akan muncul dalam mode tamu, tetapi tidak akan terlihat di layar utama perangkat.

Fitur ini memberikan lapisan keamanan tambahan dengan menyediakan mode khusus yang dapat diakses secara terpisah.

Dengan menggunakan mode tamu, pengguna dapat mempertahankan privasi aplikasi tertentu tanpa harus menyembunyikannya secara permanen dari layar utama perangkat.

Bagaimana mudah bukan cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi? Jika kamu ingin menyembunyikan aplikasi di Xiaomi, kamu bisa membaca artikel diatas.

Jangan lupa untuk mengecek versi MIUI di HP kamu agar tikda bingung ketika mencob salah satu cara tersebut. Nah itulah penjelasan dari kami semoga bermanfaat, Terima kasih dan selamat mencoba.